Tadabbur Quran Hawasi 2022

Hidup Kembalinya Orang Mati

فَقُلْنَا اضْرِبُوْهُ بِبَعْضِهَاۗ كَذٰلِكَ يُحْيِ اللّٰهُ الْمَوْتٰى وَيُرِيْكُمْ اٰيٰتِهٖ لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُوْنَ

“Lalu Kami berfirman, “Pukullah mayat itu dengan sebagian anggota sapi betina itu!” Demikianlah Allah menghidupkan kembali orang yang telah mati dan memperlihatkan kepadamu ayat-ayat-Nya agar kamu mengerti”
(QS. Al – Baqarah : 73)

Bani Israil pernah saling berselisih dan saling menyalahkan tentang siapa yang telah membunuh seseorang. Maka Allah berfirman “Pukullah mayat itu dengan sebagian anggota sapi betina itu!”, sehingga Bani Israil memukul orang yang telah dibunuh tersebut dengan sebagian anggota sapi betina. Maka saat itulah mayat tersebut hidup kembali, dan ketika ditanya “Wahai Fulan, siapa yang telah membunuhmu?”, maka Fulan menjawab “Ia telah membunuhku!”.

Ucapan dari seseorang yang hidup kembali tidak dapat dibantah oleh siapapun, karena sudah pasti benar.

Maka dengan inilah Allah memperingatkan manusia atas kekuasaan-Nya untuk menghidupkan orang yang mati, dan menyelesaikan perdebatan serta keingkaran di antara Bani Israil.

÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷

Dan ketika suatu saat Rasul pernah ditanya “Wahai Rasulullah, bagaimana Allah menghidupkan orang yang telah mati?”, maka beliau menjawab “Apakah kamu pernah melewati lembah yang gersang, kemudian kamu melewatinya lagi sesudah menghijau? Maka seperti itulah Allah menghidupkan orang yang mati.”


Sumber : Tafsir Ibn Katsir


Loading

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *