Tadabbur Quran Hawasi 2022

Kebaikan Dunia Akhirat

وَمِنْهُمْ مَّنْ يَّقُوْلُ رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Dan, di antara mereka ada yang berdoa, ‘Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.”
[QS. Al-Baqarah: 201]

Allah mencela orang yang hanya berdoa untuk urusan dunia dan berpaling dari urusan akhirat. Dan sebaliknya, Allah memuji orang yang selalu berdoa untuk keduanya (dunia dan akhirat).

Doa “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka” merupakan doa yang paripurna. Ia menghimpun segala kebaikan dunia-akhirat dan menjauhkan dari segala kejelekannya, dan mengharap akan keselamatan dari neraka.

÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷


Rasulullah Saw. pernah menengok seorang muslim yang telah sangat lemah. Kemudian Rasul berkata “Apakah kamu memohon sesuatu kepada Allah atau meminta sesuatu kepada-Nya?” kemudian orang tersebut menjawab “Ya, aku berdoa ‘Ya Allah, perkara yang akan engkau siksakan kepadaku di akhirat itu timpakanlah kepadaku di dunia’.”

Mendengar hal itu Rasul bersabda “Maha Suci Allah. Engkau tak kuat menerimanya. Mengapa kamu tidak berdoa, ‘Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka’.” Maka orang yang sakit tersebut mengucapkannya, dan Allah kemudian menyembuhkannya.

(HR Muslim)


Sumber : Tafsir Ibn Katsir


Loading

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *