Blackmuslim dinegeri paman sam

Black muslim di Negri paman sam
Oleh : Bangamipena

Black muslim dikenal juga dengan sebutan Nation Of Islam (NOI), adalah sebuah organisasi islam yang diprakarsai oleh Wallace Fard Muhammad pada tahun 1931 M di Detroit. Pada tahun 1934 M, Wallace Fard Muhammad meninggalkan Amerika. Kemudian organisai Black Muslim dipimpin oleh Elijah Muhammad (1897-1975 M).
Dalam kepemipinan Elijah Muhammad banyak tokoh-tokoh penting yang masuk islam seperti Malcom Little yang merupakan seorang orator ulung dan anak dari pendeta baptis yang kemudian ia mengganti namanya menjadi Al-Hajj Malik Al-shabaz. Demikian pula dengan seorang petinju yang legendaris yakni Clasius Clay, yang kemudian berganti nama menjadi Muhammad Ali. Pada masa kepemimpinan Elijah juga telah terbit Muhammad Speaks yang kemudian berganti nama menjadi Bilalian News.
Elijah meninggal dunia pada 25 Februari 1975 dengan begitu banyak jasa-jasa yang ia berikan termasuk pembangunan banyak masjid dan sekolah, ia juga mewariskan uang kurang lebih 80 juta dolar yang ditanam diberbagai perusahaan dan yang terpenting adalah melalui black muslim ia telah mengangkatmartabat kaum muslim khusunya kulit hitam dibidang sosial, pendidikan dan Ekonomi.
Adapun yang menggantikan Elijah Adalah putranya sendiri yakni Waris Deen Muhammad atau Wrisuddin Muhammad. Dalam kepemimpinanya ia memfokuskan pergerakan kepada peningkatan usaha dakwah yang tidak hanya ditujukan kepada muslim kulit hitam saja namun seluruh manusia tanpa memandang warna kulit.
Waris Deen Muhammad mulai meluruskan ajaran-ajaran yang keliru dengan sepenuhnya kembali pada alquran dan hadis, ia juga mendorong anggotanya agar turut mengambil bagian dalam kehidupan sosial politik yang lebih luas. Pada tahun 1976 Wrisuddin mengubah Nations Of Muslim (NOI), menjadi Word Community Of Islam in the West (WCI = Komunitas Dunia Islam dibarat) yang dimaksudkan agar sasaran dakwah dapat lebih luas dan pada tanggal 30 April berubah nama lagi menjadi “American Moeslem mission (AMM)”, Perubahan ini dimaksudkan sebagai penegasan bahwa tugas pokok organisasi ini adalah dakwah yang bersifat nasional bahwa kaum muslim amerika adalah bagian dari muslim dunia.

Referensi :
http://albattosaxl.blogspot.com/2012/09/sejarah-islam-di-benua-amerika.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Islam_di_Amerika_Serikat#Sejarah
http://wartasejarah.blogspot.co.id/2013/09/umat-islam-kulit-hitam-di-amerika.html

Loading

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *