Menjemput Syafa’at Dengan Al-Qur’an

Yogyakarta, 3 Juli 2022, HAWASI UII atau Hafidz-Hafidzah Mahasiswa Universitas Islam Indonesia merupakan lembaga dakwah kampus dibawah naungan Direktorat Pendidikan dan Pembinaan Agama Islam (DPPAI) UII, telah melaksanakan salah satu agenda besar yaitu Sertifikasi Hafalan Al-Qur’an dengan tema “Menjemput Syafa’at Dengan Al-Qur’an”. Agenda ini merupakan agenda tahunan yang terbuka untuk umum dan tanpa batasan usia. Adapun tujuan dilaksanakannya agenda Sertifikasi Hafalan Al-Qur’an ini ialah untuk membantu para penghafal Al-Qur’an agar dapat melegalisasikan hafalannya, serta menjadi wadah untuk memuraja’ahkan hafalan yang dimiliki agar selalu istiqamah dalam menghafalkan Al-Qur’an.

Sertifikasi Hafalan Al-Qur’an yang dilaksanakan oleh HAWASI UII memiliki beberapa rangkaian kegiatan, yaitu :

Pertama, pembukaan pendaftaran yang dilakukan secara online melalui Google Form pada tanggal 30 Mei sampai 30 Juni 2022.

Kedua, Technical Meeting yang dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2022 dan berlokasi di Ruang Kuliah Umum Gedung Sardjito UII. Technical Meeting ini dilakukan untuk para peserta dan juga para penguji yang berasal dari Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an (PPTQ) Harun Asy-Syafii, agar dapat memahami alur atau tata cara dari kegiatan Ujian Sertifikasi yang akan dilaksanakan besok harinya.

Ketiga, pembukaan dan ujian sertifikasi yang dilaksanakan pada tanggal 3 Juli 2022 berlokasi di Auditorium dan Ruang Kelas Gedung Fakultas Hukum UII. Kegiatan ketiga ini merupakan kegiatan inti dari Agenda Sertifikasi yang dilaksanakan dari pagi hingga siang hari. Adapun mekanisme ujian sertifikasi ini ialah dengan melanjutkan ayat yang dibaca oleh penguji sesuai dengan masing-masing kategori yang telah dipilih peserta. Ada 7 kategori dari ujian sertifikasi hafalan Al-Qur’an ini, yaitu; kategori 1 juz, 3 juz, 5 juz, 10 juz, 15 juz, 20 juz, dan 30 juz.

Keempat, kajian wisuda sertifikasi yang dilaksanakan pada tanggal 16 Juli 2022 dan berlokasi di Masjid Ulil Albab UII. Pemateri dari kajian wisuda tahun ini ialah Syaikh Dr. Apt. Thyazen Abdo Hizam Al-Hakimi, M. Si. beliau adalah dosen sekaligus da’i yang telah memegang sanad 10 qira’at serta merupakan Imam Besar Masjid Raya Bandung. Setelah diadakan kajian wisuda, selanjutnya ialah acara wisuda sertifikasi hafalan Al-Qur’an yang dilakukan dengan memanggil masing-masing nama peserta secara bergiliran yang kemudian akan diberikan piagam bagi yang lulus, serta sertifikat dan medali untuk semua peserta. Kemudian, dilanjutkan dengan pengumuman wisudawan dan wisudawati terbaik dari setiap kategori. Terakhir, kegiatan wisuda sertifikasi ini ditutup dengan pembacaan ikrar dan sesi dokumentasi.

Terlaksananya Agenda Sertifikasi Hafalan Al-Qur’an ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para penghafal Al-Qur’an agar dapat istiqamah dalam menjaga hafalannya. Serta, dapat menjadi motivasi bagi para penghafal yang ada diluar sana agar selalu semangat menghidupkan cahaya Al-Qur’an yaitu dengan selalu menghafal dan memuraja’ahnya serta berusaha mengimplementasikan akhlak para penghafal Al-Qur’an.

Selain itu, HAWASI UII juga memberikan fasilitas pengajaran kepada mahasiswa dan civitas akademika UII berupa tahfidz bagi yang ingin menghafalkan Al-Qur’an dan tahsin bagi yang ingin memperbaiki bacaan Al-Qur’an melalui program sekolah Hawasi yang diadakan rutin setiap minggu.

Untuk informasi lebih lanjut terkait HAWASI UII, bisa langsung menghubungi atau mengunjungi media sosial Hawasi. (Instagram : @hawasi_uii atau website : https://hawasi.uii.ac.id/ )


Loading

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *