Hidupkan Momen Bulan Ramadhan 1443 H, HAWASI UII Gelar Kegiatan Qurra (Quran Fii Ramadhan)

Yogyakarta, 25 April 2020, HAWASI UII atau Hafidz-Hafidzah Mahasiswa Universitas Islam Indonesia merupakan lembaga dakwah kampus dibawah naungan Direktorat Pendidikan dan Pembinaan Agama Islam (DPPAI) UII, ikut menyemarakkan bulan Ramadhan dengan menyelenggarakan agenda Qurra (Qur’an fii Ramadhan). Qurra terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan, mulai dari Tasmi’, Taqro, dan Tabligh Akbar. Agenda tersebut dilakukan selama 20 hari pertama di bulan Ramadhan, terhitung dari tanggal 3-22 April 2022. Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan Qurra yaitu untuk menghidupkan momen Ramadhan dengan menyelenggarakan kegiatan yang berorientasi pada Al-Quran.

Agenda pertama Qurra adalah Tasmi’ dan Taqro. Keduanya merupakan kegiatan tilawah atau membaca Al-Qur’an yang dilakukan oleh mahasiswa dan mahasiswi UII yang sebelumnya sudah terpilih menjadi pembaca. Kegiatan tersebut berlangsung di Masjid Ulil Albab yang terletak di kampus utama UII, serta disiarkan secara langsung live via Instagram HAWASI UII. Tasmi’ dilaksanakan sore hari setelah waktu ashar, dengan menggunakan metode bil ghaib (membaca tanpa melihat Al-Qur’an). Sedangkan, Taqro dilaksanakan setiap hari setelah sholat tarawih dengan menggunakan metode bin-nadzar (melihat Al-Quran). Adapun tujuan diadakannya Tasmi dan Taqro yaitu agar lantunan lafadz Al-Qur’an dapat terdengar luas, sehingga menghidupkan momen ramadhan terutama di kampus UII dan daerah sekitarnya. Selain itu, penyiarannya yang juga dilakukan melalui media sosial diharapkan dapat menjadi sarana bagi para audiens yang tidak dapat mengunjungi kampus secara langsung.

Selain itu, HAWASI UII juga menyelenggarakan acara Tabligh Akbar sebagai agenda penutup kegiatan Qurra. Acara tersebut dilaksanakan tepatnya sore hari pada tanggal 22 April 2022 di pelataran terbuka Gedung Abdul Kahar Muzakir UII. Materi Tabligh Akbar yang bertema “Menyiapkan Diri Menjemput Lailatul Qadar”, diisi langsung oleh Ustadz Dr. Hakimuddin Salim, Lc., MA yang merupakan direktur Pondok Pesantren Ibnu Abbas Klaten. Acara tersebut dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, civitas akademika hingga masyarakat setempat. Rangkaian acara diakhiri dengan pembagian doorprize dan takjil gratis bagi para peserta kajian.

Terselenggaranya kegiatan Qurra diharapkan dapat menjadi sarana dakwah dan penyemangat agar semua orang senantiasa menghidupkan momen Ramadhan dengan berbagai amalan kebaikan. Selain mengadakan kegiatan Qurra, HAWASI UII juga menyelenggarakan agenda tahunan lainnya seperti Sertifikasi Hafalan Al-Qur’an dan Festival Al-Qur’an. Sedangkan pada tiap bulannya, HAWASI rutin mengadakan  Tasmi’ul Qur’an 30 juz yang dibaca oleh mahasiswa dan mahasiswi dengan metode bil ghaib, baik secara online maupun offline di Masjid Ulil Albab UII. Selain itu, HAWASI UII juga memberikan fasilitas pengajaran kepada mahasiswa dan civitas akademika UII berupa tahfidz bagi yang ingin menghafalkan Al-Qur’an, dan tahsin bagi yang ingin memperbaiki bacaan Al-Qur’an.

Untuk Informasi lebih lanjut terkait HAWASI UII, bisa langsung menghubungi atau mengunjungi media sosial Hawasi. (Instagram : @hawasi_uii atau website : https://hawasi.uii.ac.id/ )

Loading

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *