Keutamaan Pembaca dan Penghafal Al-Qur’an

Al-Quran merupakan kitab suci agama Islam yang isinya berupa perkataan Allah SWT. Apa yang ada di dalam Al-Quran hendaklah kita turuti, karena itu adalah pedoman hidup umat manusia yang berasal dari Allah yang menciptakan alam semesta ini. Seperti yang kita ketahui banyak sekali kutamaan dalam membaca dan menghafal Al-Quran. Hal ini sudah banyak sekali dibahas dalam banyak hadits bahkan di dalam Al-Quran sendiri.
Hadist berikut adalah hadist yang diriwayatkan dari Aisyah, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda :
“Orang yang pandai membaca Al-Quran akan bersama para malaikat yang mulia. Adapun orang yang membaca Al-Quran dengan terbata-bata dan susah payah mendapatkan dua pahala.” (HR. Bukhari dan Muslim dalam kitab Shahih-nya)
         Selanjutnya hadist yang diriwayatkan Mu’adz bin Anas, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda:
“Siapa yang membaca Al-Quran dan mengamalkan isinya, ia akan mengenakan mahkota kepada kedua orang tuanya pada Hari Kiamat, yang cahayanya lebih baik daripada cahaya mentari yang menerpa rumah-rumah dunia. Andaikata hal itu terjadi pada kalian, bagaimana menurut kalian jika hal tersebut didapat oleh orang yang yang mengamalkan Al-Quran?” (HR. Abu Daud)
            Dari kedua hadist tersebut dapat kita ketahui bahwa dengan membaca Al-Quran dengan lancar maupun terbata-bata pasti mendapatkan pahala. Dan bagi orang yang membaca dan mengamalkan isinya akan mendapat mahkota yang akan diberikan pada orang tua. Sungguh begitu indah balasan yang Allah berikan pada umatnya. Dunia ini hanyalah tempat persinggahan, maka bersungguh-sungguhlah mencari ilmu akhirat.
Pen: Fifteen

Loading

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *