Tentang Hawasi

Tentang Hawasi

HAWASI adalah Lembaga Dakwah Kampus yang fokus bergerak dalam bidang Al-Qur’an, dan secara struktural berada di bawah naungan Direktorat Pendidikan dan Pengembangan Agama Islam Universitas Islam Indonesia (DPPAI UII), serta dibentuk dan diresmikan langsung oleh DPPAI UII pada hari Sabtu, 10 April 2010 M.
VISI 
Menjadi sentral lembaga dakwah Al-Qur’an yang mencetak generasi Qurani.  
MISI
  • Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan Al-Qur’an di Universitas Islam Indonesia secara intensif.
  • Menyebarluaskan nilai-nilai Al-Qur’an di tengah-tengah masyarakat.
  • Membangun sinergi dengan lembaga-lembaga dakwah yang mengkaji Al-Qur’an.
  • Mengembangkan sumber daya manusia dengan meningkatkan keterampilan dan motivasi serta melakukan kaderisasi.
Pengurus Hawasi terdiri dari Ketua, Wakil 1 dan 2, Sekretaris 1 dan 2, Bendahara 1 dan 2 serta  Pengurus Divisi. Terdapat 4 divisi dalam struktur kepengurusan Hawasi, yaitu divisi Mudarrasah wa Syi’ar, divisi Madrasatul Qur’an, divisi Pendidikan dan Pengembangan SDM serta divisi Jaringan dan Media.
  • Divisi Mudarrasah wa Syi’ar

Mengadakan kegiatan rutin yang bertujuan sebagai media bagi mahasiswa/i UII dan civitas akademik UII maupun masyarakat umum untuk meningkatkan kualitas diri terhadap Al-Qur’an, seperti kegiatan Sertifikasi Hafalan Al-Qur’an, Tasmi’ Bulanan disertai kajian, dan Festival Al-Qur’an.

  • Divisi Madrasatul Qur’an

Mengadakan kegiatan Sekolah Hawasi sebagai media bagi mahasiswa/i dan civitas akademika UII untuk memperbaiki bacaan dan setoran hafalan Al-Qur’an, yang terdiri dari program Tahfizh dan Tahsin.

  • Divisi Pendidikan dan Pengembangan SDM

Mengadakan kegiatan sosial yang bersifat internal untuk menjaga dan meningkatkan kualitas sumber daya pengurus dan santri HAWASI, seperti kegiatan keakraban dan open recruitment pengurus HAWASI.

  • Divisi Jaringan dan Media

Memperluas serta mempererat jaringan ukhuwah antara internal dan eksternal HAWASI, seperti mengadakan kunjungan silaturrahmi, baik kepada DPPAI, lembaga dakwah Al-Qur’an dari kampus lain, maupun ponpes regional Jogjakarta dan sekitarnya. Kemudian juga mengadakan pelatihan yang berguna untuk meningkatkan keterampilan pengurus dalam mengelola media dakwah HAWASI, serta melakukan optimalisasi sarana media informasi sebagai media syi’ar dakwah HAWASI.

Loading

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *